PolresTrenggalek.com
Polsek Kampak

Kapolsek Kampak Bersama Bhabinkamtibmas Kawal Kegiatan Tes Jago Warga Baru PSHT

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Bendoagung Brigadir Galih Setia Adi mendatangi kediaman ketua PSHT ranting Kecamatan Kampak an. Sunardi dengan tujuan kawal keberangkatan calon warga baru PSHT ke padepokan, Minggu (08/10/2017).

Kedatangan Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Bendoagung Brigadir Galih Setia Adi tersebut adalah untuk menjaga keamanan dan kelancaran bagi calon warga baru PSHT dalam acara tes jago di padepokan dengan jumlah 60 orang, 48 warga baru sedangkan 12 orang pendamping.

Dalam kelengkapan menjadi warga PSHT, seorang calon warga harus mengikuti tes jago, pada saat tes Jago ini warga senior / warga tingkat II memeriksa apakah ayam yang disediakan si Calon Warga benar – benar sehat, dan tidak cacat. Dan ayam ini kemudian disembelih untuk dimasak dan dikonsumsi saat resepsi pengesahan warga baru PSHT yang dihadiri oleh semua undangan.

Jadi ayam ini diperlakukan sewajarnya dan sebagaimana mestinya, tidak untuk diminum darahnya, atau bentuk kemusyrikan lainnya. Jelas bahwa Tes Jago dalam PSHT tidak ada unsur kemusyrikannya. Dan satu amanat ajaran dari tes jago bahwa kita harus ikhlas untuk shodaqoh / bersedekah walaupun dari sesuatu yang terbaik yang kita miliki.

“Semoga kegiatan yang dilakukan oleh warga baru PSHT dapat berjalan lancar dan tetap jaga ketertiban saat perjalanan dan berpegang teguh pada adat ketimuran yang menjujung tinggi sopan santun” ujar Iptu Anwar, SH Kapolsek Kampak Polres Trenggalek

baca juga :

Sambut Hari Bhayangkara ke 74 dengan Tema Jatim Bermasker Jatim Sehat, Polsek Kampak Bagikan Masker Gratis

Pelaksanaan Korve di Mako, Wujud Kepedulian Terhadap Kebersihan

Aiptu Paijan Patroli, Lakukan Hal yang Tak Diduga

polrestrenggalek
@2021 Polres Trenggalek