PolresTrenggalek.com
Polsek Kampak

Bhabinkamtibmas Himbau Ibu Ibu Balita Untuk Imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin)

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Puguh mengunjungi para ibu ibu yang memiliki balita agar rajin melakukan imunisasi terhadap putra putrid mereka terutama imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin) atau yang sering disebut sebagai vaksin untuk tuberculosis, Selasa (17/10/2017).

Tujuan atau manfaat imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin) yaitu untuk mencegah bayi atau anak terserang dari penyakit TBC yang berat, seperti: meningitis TBC dan TBC milier. Ini dikarenakan bayi atau anak masih rentan terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis penyebab penyakit TBC, akibat adanya kontak dengan penderita TBC yang ada di sekitarnya, seperti: orang tua, keluarga, pengasuh, dan lain sebagainya.

Brigadir Puguh Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek mendapatkan informasi dari petugas medis bahwa tanda keberhasilan imunisasi BCG dapat dilihat dengan munculnya benjolan kecil dan bernanah seperti bisul pada bagian yang disuntik. Akan tetapi jika kita lihat lebih seksama, benjolan atau bisul kecil itu mempunyai ciri yang khas dan berbeda dari bisul pada umumnya. Terlebih lagi, bisul bekas imunisasi BCG tersebut tidak menimbulkan sakit jika disentuh. Seiring dengan berjalannya waktu, benjolan tersebut akan mengempis dengan sendirinya dengan membentuk luka parut.

“Mari ibu ibu agar rutin membawa putra putrinya ke puskesmas atau polindes terdekat guna mendapatkan imunisasi atau vaksin untuk kesehatan dan kecerdasan putra putri anda sekalian, jika anak anak kita sehat maka itu merupakan kebahagiaan bagi kita semua” ujar Brigadir Puguh Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Jangan risau jika anak anak kita rewel setelah imunisasi BCG dikarenakan cara pemberiannya dengan penyuntikan ke dalam kulit yang penuh dengan reseptor syaraf, maka suntikan akan terasa lebih sakit dibandingkan imunisasi lainnya, oleh karena itu biasanya bayi rewel.

baca juga :

Sambut HUT Polwan, Bripka Alfiyah Salurkan Sembako Bagi Warga Kurang mampu

Cara Tingkatkan Imun Ditengah Pandemi Virus Corona

Dialogis Ditingkatkan untuk Sampaikan Imbauan Kamtibmas

@2021 Polres Trenggalek