PolresTrenggalek.com
Polsek Pule

Rencana Pengamanan Perguruan Pencak Silat PN Dari Pule

Polres Trenggalek – Ada satu kegiatan massa lagi yang bakal dilakukan dari salah satu perguruan pencak silat selain PSHT yang membutuhkan pengamanan, perguruan pencak silat yang dimaksud adalah perguruan silat Nahdlotul Ulama (NU) dalam wadahnya Pagar Nusa yang rencana akan melakukan kegiatan di Padepokan di wilayah Salamrejo, Karangan. Informasi yang didapat dari koordinasi Kanit Intel Aiptu Yanik dengan Korlap Pagar Nusa saudara Damiran, Rabu (18/10/2017).

“Pak Kanit Intel tolong dimonetor kegiatan dari perguruan pecak silat Pagar Nusa yang akan melaksanakan kegiatan kenaikan tingkat, yang direncanakan dilaksanakan dipadepokannya. Monetor pemberangkatanya, kita kawal nanti sampai padepokan pagar nusa biar aman, ” kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH saat melakukan apel pagi didepan Mako Polsek.

Dari informasi yang diterima, Kegiatan kenaikan tingkat siswa sebanyak  12 orang, dengan rincian warga baru 5 orang sedangkan yang naik tingkat 7 orang. Untuk jumlah warga yang ikut mendampingi masih belum dipastikan masih menunggu koordinasi dengan warga PN yang lain, yang rencana berangkat bersama-sama dari titik kumpul Simpang Lima Kasrepan Jombok Sabtu (21/10/2017) pukul 17.00.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, sejak jaman dahulu, di lingkungan Pesantren  NU, terdapat banyak sekali aliran silat; baik aliran silat yang ada di Jawa timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, silat Betawi, silat Minang, silat Mandar, Silat Mataram, dan lain lain. Karena beragamnya aliran silat tersebut maka dibentuklah PAGAR NUSA sebagai wadah perkumpulan perguruan pencak silat dibawah naungan NU.

Wadah ini tetap membuka keragaman dan memberi keluasaan pada tiap-tiap perguruan untuk mengembangkan diri dan mempertahankan ciri khasnya masing-masing. Artinya walaupun ada perbedaan namun tetap satu saudara. Maka tak heran jika sekarang ini kita mengenal ada: Pagar Nusa Gasmi, Pagar Nusa Batara Perkasa, Pagar Nusa Satria Perkasa Sejati (Saperti), Pagar Nusa Nurul Huda Pertahanan Kalimah Syahadat (NH Perkasa), Pagar Nusa Cimande Kombinasi, Pagar Nusa Sakerah, Pagar Nusa Tegal Istigfar, Pagar Nusa JPC, Pagar Nusa Bintang Sembilan, Pagar Nusa Sapu Jagad. Sampai berkembang Pagar Nusa saat ini, seperti di wilayah hukum Polsek Pule Polres Trenggalek yang akan mengadakan kenaikan tingkat

baca juga :

Polsek Pule Lakukan Olah TKP Penemuan Orang Meninggal di Sungai

polrestrenggalek

Petugas Imbau Pengunjung Pasaran Legi Patuhi Prokes

Personel Polsek Pule Turut Dalam Kegiatan Masyarakat Megengan

@2021 Polres Trenggalek