PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Peringatan Hari Lahir Pancasila, AKBP Didit BWS : Momen Teguhkan Kembali Persatuan

Polres Trenggalek – Upacara peringatan hari lahir Pancasila di Kabupaten Trenggalek berlangsung khidmat. Upacara yang digelar di halaman pendopo Manggala Praja Nugraha ini diikuti oleh ribuan orang dari berbagai instansi pemerintah, TNI-Polri, mahasiswa dan pelajar. Sabtu (01/06)

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, sedangkan komandan upacara di jabat oleh Tangguh wikoso dan perwira upacara di percayakan kepada Drs. Wiarsono yang juga menjabat sebagai Kakesbangpol kabupaten Trenggalek.

Nampak hadir pula dibarisan tamu undangan antara lain Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo, S.S.I.K., M.H., Ketua DPRD H. Samsul Anam, Pasiops Kodim 0806 Kapten Inf. Robunondo, Sekda Kabupaten TrenggalekIr. Joko Irianto, M.Si, kepala OPD, pejabat utama Kodim dan Polres, pengurus Persit Kartika Chandra Kirana serta Bbhayangkari cabang Trenggalek.

Dalam amanat Kepala BPIP RI yang dibacakan oleh Bupati Trenggalek menegaskan Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. kondisi wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan `’Tanah Air Indonesia`.

“Berkat Pancasila, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah, Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika”. Ucap Bupati yang kerap disapa Cak Ipin ini.

Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai `leitstars dinamis`, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

“Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Kamo pernah disebut `Jas Merah`. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (National Pride).

Dikonfirmasi terpisah AKBP Didit menuturkan, peringatan hari lahir Pancasila ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mengukuhkan kembali jiwa persatuan dan rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. Segala perbedaan sebagai dampak dari Pemilu yang lalu hendaknya dihilangkan dan kembali ke jati diri bangsa Indonesia yang Pancasilais dengan berpegang pada Bhineka Tunggal Ika.

“Diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.” Ucap AKBP Didit

“Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan” Pungkasnya

Selain di Alun-alun, Polres Trenggalek secara khusus juga menggelar Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang di gelar di halaman Mapolres dan diikuti oleh seluruh personel Polres dan Polsek jajaran. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakapolres Kompol Agung Setyono, S.S. dan Komandan Upacara Iptu Anwar yang juga menjabat sebagai Kapolsek Kampak.

baca juga :

Sambangi Rumah Dua Nenek, AKBP Didit BWS Berikan Kejutan Ini

polrestrenggalek

Bhabinkamtibmas menggandeng Guru Taman kanak Kanak menyelamatkan generasi penerus Bangsa

Cegah Gangguan Kamtibmas Polisi Laksanakan Giat Rayonisasi

@2021 Polres Trenggalek