Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolres Trenggalek: Perkokoh Semangat Kebhinekaan

oleh -12 views

Polres Trenggalek – Peringatan hari lahir Pancasila digelar serentak se Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Trenggalek. Memanfaatkan teknologi virtual, jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek turut hadir mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. Selasa, (1/6).

Dalam kegiatan yang digelar di ruang Smart Center area Pendopo Manggala Praja Nugraha tersebut, nampak hadir Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara, Ketua DPRD H. Samsul Anam,S.H., M.M., M.Hum., Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Kajari yang di diwakili Kasubbagbin Sudibyo, Ketua PN Denny Riswanto, S.H, M.H., dan Sekda Ir. Joko Irianto,M.Si., serta sejumlah kepala OPD.

Dalam amanatnya, Presiden RI mengatakan, Pancasila telah menyatu sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan tidaklah semakin ringan. Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas, terutamanya rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan Ideologi.

Menghadapi hal tersebut, perluasan dan pendalaman Pancasila tidak bisa dilaksanakan dengan cara-cara yang biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama perkembangan revolusi industri 4.0. dan sekaligus Pancasila harus menjadi  pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an.

Presiden mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga pendidik dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dicita-citakan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan, peringatan hari lahir Pancasila hendaknya dijadikan momen mempersatukan bangsa dan mengukuhkan kembali semangat Bhineka Tunggal Ika dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang sengaja dihembuskan oleh pihak tertentu untuk memecah belah Indonesia.

“Mari bersama-sama meneguhkan kembali 4 pilar kebangsaan kita. Indonesia ada karena keberagamannya.” pesan AKBP Doni.

Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia. Dimasa pandemi ini, nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan salah satunya dengan bersatu padu, saling bergotong royong menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.