Bhabinkamtibmas Timahan Hadiri Giat Mitigasi Penanggulangan Bencana Alam

oleh -30 views

Polres Trenggalek – Bertempat di Balai Desa Timahan Kecamatan Kampak, Pemerintah Desa Timahan Kecamatan Kampak kemarin pagi menggelar kegiatan sosialisasi mitigasi penanggulangan bencana alam. Rabu (09/06).

Kegiatan ini turut menghadirkan Camat Kampak Dra. Hasnawati, petugas Dinsos Kabupaten Trenggalek Bapak M. Tohir, Tiga Pilar Desa Timahan, ketua BPD Timahan dan anggota, ketua RT RW Desa Timahan, Toga, Tomas, Toda, serta anggota relawan penanganan bencana atau Tagana Desa Timahan.

Bripka Puguh Riyanto, S.H. selaku Bhabinkamtibmas Desa Timahan mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi mitigasi penanggulangan bencana alam ini dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan kepada warga masyarakat Desa Timahan agar tidak merasa panik terkait informasi yang telah disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  akan potensi terjadinya gempa bumi besar yang dapat disertai tsunami di wilayah laut selatan Jawa Timur.

“Dengan adanya giat ini, diharapkan masyarakat tidak perlu panik dengan informasi potensi bencana gempa dan tsunami besar yang dapat terjadi di wilayah laut selatan Kabupaten Trenggalek. Dengan mengetahui informasi tersebut justru kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi,” ucap Bripka Puguh.

Bapak M. Tohir dari Dinas Sosial menyampaikan beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah Desa Timahan dan juga para warga penduduk untuk mengantisipasi dampak terburuk apabila terjadi bencana alam besar.

Dikutip dari Bripka Puguh, Bapak M. Tohir menyampaikan agar Pemdes segera membuat peta jalur evakuasi dan perbanyak papan petunjuk, serta segera mensosialisasikan lokasi evakuasi pada warga Desa Timahan.

“Kesimpulannya semua pihak harus bekerjasama untuk meminimalisir dampak terburuk apabila terjadi bencana alam seperti gempa bumi. Berhubung sebagian wilayah Kecamatan Kampak berada di daerah pegunungan, maka kita perlu waspada terjadinya tanah longsor apabila ada gempa,” terang Puguh.

No More Posts Available.

No more pages to load.