Polsek Panggul Kawal Kegiatan Lepas Pemasungan Oleh Dinas Terkait

oleh -12 views

Polres Trenggalek – Ikuti kegiatan Pembebasan ODGJ Pasung Trenggalek di 3 (tiga ) Desa, Polsek Panggul hadir Bersama Dinsos Provinsi dan Kabupaten serta Dinkes Trenggalek beserta intansi samping, Senin (14/06)

Adapun kegiatan ini menjadi perhatian serius oleh pemerintah untuk memberikan pengobatan dan penanganan lebih serius kepada 4 (empat) pasien sekaligus di 3 (tiga) Desa Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

Pasien an.KM (32 Thn) yaitu berasal dari Desa Kertosono dengan mengalami gangguan jiwa mulai tahun 2007 dan di lakukan pengobatan sampai tahun 2017 kondisi pasien sempat mulai membaik. Dan awal tahun 2019 kembali mengalami gangguan kejiwaan lagi meresahkan warga masyarakat, sehingga keluarga memutuskan untuk memasung.

Dan untuk pasien PW (49 Thn) dari Desa Terbis juga mengalamai hal yang sama sehingga juga di lakukan pemasungan sejak awal 2020 dengan riwayat pasien juga mengalami gangguan kejiwan sejkan tahun 2015 namun kondisinya labil dan sempat mendapatkan pengobatan.

Selanjutnya pasien dari Desa Depok ada 2 (dua) orang dengan pasien pertama inisial TL (33 Thn) mengalami gangguan jiwa mulai tahun 2010 dan tahun 2019 di pasung oleh pihak keluarga karena membahayakan jiwa orang lain. Pasien kedua berinisial KD (43 Thn) mengalami gangguan jiwa mulai tahun 1990 karena agresif dan membahayakan akhirnya pihak keluarga memutuskan untuk memasung pada tahun 2011 kemudian pada tahun 18 Pasien dilepaskan dari pemasungan dan di rawat di pondok ODGJ Gunung Kebo Trenggalek.

“ Kami hadir ikut bantu pelepasan pemasungan oleh Dinsos dan tim kesehatan  dari RSJ Menur dan 4 (empat) pasien dibawa ke RSJ menur Surabaya untuk dilakukan pengobatan” ujar Akp Budi H, S.H. Kapolsek Panggul yang langsung pantau kegiatan ini.

Dengan demikian di harapkan peran serta seluruh instansi terkait lebih peduli dalam penanganan ODGJ sehingga pasien mendapatkan perawatan medis yang selayaknya.(dkzld)

No More Posts Available.

No more pages to load.