Sejumlah Polisi Diterjunkan Bantu Pembebasan Pasung di Trenggalek

oleh -15 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek turut berpartisipasi dalam Program Bebas Pasung Jawa Timur di Kabupaten Trenggalek. Petugas Kepolisian diterjunkan untuk membantu sekaligus pengamanan selama proses pembebasan pasung berlangsung.

Hal ini diungkapkan Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. yang turut serta dalam kegiatan tersebut bersama jajaran Forkopimda. Senin, (14/6).

Kompol Mujito menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. Petugas Kepolisian turut hadir untuk memberikan pengamanan untuk menghindari tindakan ODGJ yang bisa saja membahayakan para petugas medis.

Masih kata Kompol Mujito, perlakuan terhadap orang yang memiliki gangguan jiwa/skizofrenia dengan cara dikurung atau dipasung dapat dianggap sebagai perbuatan pelanggaran hak asasi manusia.

“Beberapa warga yang telah dibebaskan dari pasung nantinya akan dibawa dan diberikan perawatan di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya.” Ujar Kompol Mujito.

“Harapannya, mereka bisa sembuh dan bersosialisasi kembali dengan masyarakat. Tentu dengan tetap mendapatkan pengawasan dan perawatan kesehatan yang teratur dari pihak terkait.” Imbuhnya.

Agar lebih optimal, petugas dibagi menjadi dua tim. Tim pertama menyasar wilayah Desa Pucangganak dan Desa Jambu Kecamatan Tugu, Desa Kerjo dan Desa Karangan Kecamatan Karangan serta Desa Dawuhan dan Sukosari Kecamatan Trenggalek.

Sedangkan tim kedua bergerak di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak, Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari dan Desa Durenan Kecamatan Durenan.

Dari kegiatan ini sedikitmya 14 orang ODGJ berhasil dibebaskan dari pasungan untuk kemudian dibawa ke rumah sakit jiwa Menur Surabaya untuk perawatan lebih lanjut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Trenggalek H. M. Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Dinas Sosial Provinsi Jatim dr. Alwi, M. Hum., Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Trenggalek dr. Ratna Sulistyowati, M.Kes., Kepala OPD serta stakeholder terkait lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.