Tak Hanya Pemberdayaan Keamanan, Peran Bhabinkamtibmas juga Optimalkan Deteksi Dini di Tingkat Desa

oleh -14 views

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas memiliki peran penting dalam pengelolaan Kamtibmas di tingkat Desa.

Sebagai miniatur Polri, Bhabinkamtibmas wajib pro aktif terhadap segala permasalahan sekecil apapun yang terjadi di desa binaan.

Hal itu disampaikan Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat mengumpulkan dan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas dan Kanitintelkam Polsek jajaran di Rupatama Mapolres beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut tak lain sebagai wujud pembekalan sekaligus evaluasi terhadap kinerja yang telah tergelar selama ini.

Tak hanya itu, komunikasi dan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab para Bhabinkamtibmas sehingga setiap permasalahan apapun bisa segera diketahui dan diselesaikan sejak dini.

Pihaknya pun meminta agar program penempelan stiker Bhabinkamtibmas mencantumkan identitas dan nomor telephon terus dilanjutkan.

Tujuannya adalah memudahkan masyarakat saat membutuhkan kehadiran polisi ataupun melaporkan tentang sesuatu hal.

Tak terkecuali di Kepolisian Sektor Bendungan, beberapa Bhabinkamtibmas tampak berkeliling di desa binaan untuk melakukan penempelan stiker Kamtibmas.

“Wujud optimalisasi FKPM sebagai garda terdepan deteksi dini serta media problem solving untuk warga binaan kami,” ujar Aiptu Mujianto yang sehari-hari menjabat sebagai Bhabinkamtibmas desa Masaran ini.

Ia melanjutkan, tak cukup melakukan penempelan stiker saja, kesempatan tersebut ia manfaatkan untuk melakukan sambang desa.

“Terus merangkul masyarakat dan membangun komunikasi yang baik merupakan pedoman teknis Bhabinkamtibmas dalam menjalankan Tupoksi,” tambahnya.

Masih kata Aiptu Mujianto, dirinya bersama para  Bhabinkamtibmas Polsek Bendungan lainnya juga  memaksimalkan perannya bersama Tiga Pilar sebagai basis deteksi dini.

“Tak hanya jajaran Intelkam, seorang Bhabinkamtibmas harus mampu membaca gejala yang muncul di tengah masyarakat, kemudian menganilisis dan memberikan masukan kepada pimpinan untuk tindak lanjut,” papar Aiptu Mujianto.

Deteksi dini terhadap setiap potensi konflik sekecil apapun agar sebuah masalah tidak menjadi besar.

“Ini yang disebut dengan prediktif sebagaimana Polri Presisi yang dicanangkan oleh Kapolri,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.