Polsek Dongko Dampingi Tim UPT Puskesmas Dongko Lakukan Pembebasan Pasung

oleh -11 views

Polres Trenggalek – Hari ini sabtu (19/06) jam masih menunjukkan pukul 05.00 Wib, dan petugas Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek sudah siap sedia membantu tim orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) UPT Puskesmas Dongko untuk melakukan pembebasan pasung atas nama M (lk, 40 th) alamat Dusun Kasihan Desa/Kecamatan Dongko Trenggalek.

Dalam pembebasan pasung kali ini ada tim ODGJ UPT Puskesmas Dongko dibawah pengawasan dr. Erny beserta perawat kesehatan jiwa antara lain Liana,S.Kep.Nurse, dibantu Satuan pengamanan dari UPT Puskesmas Dongko dan ditambah personel jaga Polsek Dongko Polres Trenggalek diantaranya Ka Spkt Aiptu Sujito bersama Kanit Sabhara Aipda Rajimin, Bripka Heri Cahyono dan piket fungsi Bripka Roni Sigit Pamongkas.

Setelah pembebasan pasung dari ODGJ tersebut selesai kemudian dilakukan perawatan mulai mencukur rambut, memandikan, memberikan makan dan memberinya obat serta injeksi yang selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Lawang Malang Jawa Timur.

Sebelumnya perlu diketahui bersama bahwa tindakan pasung dilakukan oleh keluarga sendiri kepada ODGJ dengan cara mengurung. Dan hal tersebut menjadi cara kilat untuk menangani, mengingat para ODGJ cenderung membuat masalah disebabkan karena gangguan yang dialami dirinya. Sehingga hal tersebut membuat keprihatinan dan untuk itu Negara hadir guna melakukan pembebasan kemudian melakukan pengobatan sehingga harapan terbesarnya adalah untuk membantunya kembali beraktivitas normal seperti biasa.

Dikonfirmasi usai kegiatan Aiptu Sujito mengatakan bahwa pihaknya selaku petugas harkamtibmas dan mengimplementasikan program Polres Trenggalek BAIK sehingga dapat terwujud sesuai dengan baik pula.

“Kami dari petugas piket Polsek Dongko Polres Trenggalek selalu siap ketika diajak mendampingi tim ODGJ UPT Puskesmas Dongko untuk melaksanakan kunjungan ataupun pembebasan pasung. Hal ini wujud dari implementasi program Polres Trenggalek BAIK yang berarti Bekerjasama melaksanakan Presisi Kapolri,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., membenarkan apa yang telah dilakukan anggotanya yakni membantu dan mendampingi tim dari UPT Puskesmas Dongko dalam pembebasan pasung guna perawatan lebih lanjut.

“Ini merupakan bentuk sinergi antara Polsek Dongko Polres Trenggalek dan UPT Puskesmas Dongko dalam bentuk kehadiran Negara ditengah masyarakat untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan memberikan yang terbaik kepada setiap warganya.” Tegas Kapolsek Dongko.

No More Posts Available.

No more pages to load.