Terbatas dan Sederhana, Nelayan Prigi Gelar Upacara Adat Labuh Laut

oleh -10 views

Polres Trenggalek – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sore ini masyarakat nelayan Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek menggelar Upacara Adat Labuh Laut Larung Sembonyo 2021. Minggu (20/6).

Masih seperti pada tahun sebelumnya, rangkaian acara dikemas secara sederhana meskipun tanpa mengurangi makna berupa seremonial secukupnya hingga tumpeng tersebut di bawa ke laut lepas.

Dikonfirmasi dari lokasi kegiatan, Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ini rutin sudah menjadi agenda wisata yang diadakan tiap tahun pada penanggalan Jawa di bulan Selo, namun sudah dua edisi ini digelar dengan cukup sederhana dengan undangan terbatas.

“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat nelayan Pantai Prigi, dan meskipun pada tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan pada pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Meskipun tidak seramai seperti tahun sebelumnya, kami tetap melaksanakan pengamanan optimal demi lancar dan amannya kegiatan yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tambahnya.

Lebih lanjut AKP Suyono menjelaskan setelah melalui serangkaian acara, tumpeng agung dan sejumlah sesaji dilarung di laut lepas, dalam hal ini dirinya turut serta dalam kegiatan dari awal sampai akhir.

“Selanjutnya saya menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada personel nya yang telah bersinergi dengan TNI maupun unsur terkait lainnya dalam hal pengamanan sehingga seluruh prosesi kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya cegah penyebaran Covid-19 ,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.