Persiapan Pengamanan Idul Adha, Petugas Gabungan Gelar Apel Siaga

Polres Trenggalek – Guna mengantisipasi gangguan keamanan khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, Polres Trenggalek tak terkecuali Polsek Watulimo mengerahkan seluruh personelnya. Seluruh anggota kepolisian tersebut disiagakan mulai malam takbir hingga pengamanan salat Ied di sejumlah masjid yang ada di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum bersama Forkopimcam Watulimo saat memimpin apel kesiapan pengamanan di halaman kantor Kecamatan Watulimo dan diikuti oleh personel gabungan dari Polsek, Koramil, TNI AL Lanal Malang Posmat Prigi, Polairud Polda Jatim BKO Polres Trenggalek, dan Satpol PP. Senin (19/7).

AKP Suyono menegaskan, menjelang Hari Raya Idul Adha terdapat beberapa kerawanan yang membutuhkan perhatian dari semua pihak diantaranya adalah antisipasi mudik, konvoi maupun arak-arakan, keramaian pusat perbelanjaan dan lokasi lain yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

“Jadi, pengamanan kali ini bukan saja antisipasi kriminalitas dan gangguan Kamtibmas tetapi juga mewaspadai dan mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.” Ungkap AKP Suyono.

Pihaknya meminta agar seluruh petugas yang terlibat pengamanan ini untuk mengedepankan cara bertindak persuasif dan humanis namun tidak mengurangi ketegasan dalam bertindak.

“Lakukan langkah-langkah preemtif dan preventif. Berikan Imbauan kepada masyarakat untuk tertib dan patuh protokol kesehatan” Imbuhnya.

Sementara itu Kanit Patroli Sabhara Ipda Iswanto, S.Pd menuturkan, metode pengamanan yang diterapkan adalah selain penempatan personel stationer di beberapa lokasi, juga digelar patroli gabungan bersama stakeholder lainnya. Selain itu, pihaknya juga menerjunkan personel tertutup yang bertugas patroli mobile guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan kriminalitas berkadar ancaman tinggi.

“Kita all out melakukan pengamanan sekaligus mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Dilapangan, nanti petugas akan menyampaikan imbauan baik secara langsung maupun public address” Ucap Ipda Iswanto.

Selain dari Kapolsek, sejumlah penekanan juga disampaikan oleh Danramil serta Camat Watulimo yang intinya agar seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan untuk bersinergi dengan totalitas.

Pihaknya berharap, dengan totalitas dan sinergitas dari petugas pengamanan ini, Kamtibmas di Kabupaten Trenggalek senantiasa kondusif dan mampu mendorong kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.