Peduli Anak Yatim Piatu Terdampak Pandemi Covid-19, Polres Trenggalek Gelar Gerakan Orang Tua Asuh

Polres Trenggalek – Dampak pandemi Covid-19 memang cukup dirasakan oleh masyarakat. Tidak hanya berimbas pada aspek kesehatan maupun ekonomi tetapi juga sosial dan pendidikan. Terlebih bagi anak-anak yatim piatu

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepolisian Resor Trenggalek meluncurkan Gerakan Orang Tua Asuh Bhayangkara Semeru. Kegiatan berbasis sosial dan kemanusiaan ini sengaja di gelar untuk memberikan akses kemudahan dan bantuan khususnya kepada anak yatim piatu dimana mereka harus kehilangan orang tua mereka akibat Covid-19.

Tak mau sekadar berpangku tangan, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H turun langsung menemui dan menyerahkan bantuan kepada sejumlah anak yatim piatu di Kabupaten Trenggalek. Menurutnya, sebagian keberhasilan hidup kita adalah dari doa anak-anak yatim piatu. Rabu, (16/9).

AKBP Dwiasi menuturkan, dari data yang ia terima terdapat sedikitnya 167 anak-anak yatim piatu terdampak Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Keseluruhan membutuhkan pendampingan dan bantuan agar tetap bisa bersekolah dan melanjutkan hidup untuk menggapai cita-citanya.

“Untuk hari ini ada 10 anak yang kita asuh dan datangi. Kita berikan bantuan berupa buku, seragam, tabungan pendidikan dan perlengkapan lainnya. Nanti secara bertahap akan kita bantu secara keseluruhan.” Ungkap AKBP Dwiasi

Masih kata AKBP Dwiasi, anak yatim piatu yang terdampak Covid-19 ini sangat rentan terganggu aspek psikologisnya. Program orang tua asuh ini sekaligus berfungsi sebagai trauma healing dan treatment agar mereka bisa kembali belajar dengan baik. Terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Kegiatan ini akan kita laksanakan secara konsisten dan berkesinambungan” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, gerakan orang tua asuh ini dapat membantu mempersiapkan kebutuhan dan menggugah semangat anak-anak yatim piatu terdampak Covid-19 sekaligus menginspirasi elemen masyarakat lainnya untuk turut berkontrbusi dengan melakukan kegiatan serupa.

Sementara itu, Ibu haridah warga Kelutan yang merupakan nenek dari salah satu anak yatim piatu korban Covid-19 menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polres Trenggalek atas kepedulian dan perhatiannya kepada sang cucu yang masih berusia 10 tahun.

“Saya Ucapkan banyak-banyak terima kasih sekali, mudah-mudahan ALLah yang membalasnya.” Ucapnya.