HUT ke-66 Lalu Lintas, Polres Trenggalek Jadi Orang Tua Asuh Ratusan Anak Yatim/Piatu Terdampak Covid-19

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek punya cara unik dalam memperingati HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 22 September 2021 mendatang. Kepolisian Bumi menak sopal ini memperingati Hari Jadi Lalu Lintas dengan mengangkat orang tua asuh bagi ratusan anak yatim piatu yang terdampak Covid-19.

Seremonial pengangkatan orang tua asuh tersebut digelar sederhana dengan penerapan protokol kesehatan ketat di taman Batu Mapolres Trenggalek dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek. Jum`at, (17/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. dalam sambutannya menuturkan, jumlah anak-anak yang menjadi yatim/piatu karena covid-19 di jawa timur tercatat ada 6.198 anak. pengasuhan anak-anak yatim/piatu tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit yang digunakan untuk kebutuhan makan, pengasuhan pada balita, pendidikan, dan berbagai kebutuhan lainnya sehingga diperlukan sebuah langkah alternatif dengan pengasuhan pengganti berbasis keluarga untuk membantu para anak yatim piatu tersebut.

“Bertepatan dengan HUT ke-66 Lalu lintas yang mengambil tema `Polantas yang Presisi, Tangguh dan Tumbuh di Era Kenormalan Baru`, Polres Trenggalek berkolaborasi dengan lembaga masyarakat, forum anak, dan pemangku kepentingan lainnya menginisiasi upaya pemulihan psiko sosial terpadu bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena covid-19.” Jelas AKBP Dwiasi.

AKBP Dwiasi menuturkan berdasarkan data, di Kabupaten Trenggalek terdapat sedikitnya 167 anak yatim/piatu yang terdampak Covid-19. Gerakan orang tua asuh ini telah tergelar sejak kemarin dengan memberikan bantuan, santunan hingga tabungan pendidikan.

“Kita bantu mereka agar tetap semangat dan dapat melanjukan kehidupan dan pendidikan untuk meraih masa depan yang tentunya lebih baik lagi.” Imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Dwiasi mengatakan, selain pengangkatan orang tua asuh yang keseluruhan merupakan anggota Polri serta penyerahan santunan dan tabungan pendidikan, hari ini juga dilakukan vaksinasi kepada kurang lebih 80 anak yatim piatu yang hadir.

Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian dan perhatian jajaran Kepolisian terhadap kesehatan dan keselamatan mereka di masa Pandemi Covid-19 sehingga memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dan tidak mudah terpapar Covid-19.

“Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam acara ini. untuk adik-adik sekalian semoga tetap semangat meraih cita-cita agar menjadi generasi penerus bangsa yang sukses. jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan semoga sehat selalu.” Pungkasnya.

Acara ditutup dengan penyerahan santunan kepada perwakilan anak asuh  oleh Kapolres dan jajaran Forkopimda dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan serupa secara virtual yang di pusatkan di Polda Jatim.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol. Wakil Bupati Syah Muhammad Natanegara, pejabat utama Polres Trenggalek, Kepala OPD terkait serta sejumlah tamu undangan lainnya.