Sinergitas TNI-Polri dalam Penanganan Covid-19 di Trenggalek

Polres Trenggalek – Sinergitas TNI-Polri dalam akselerasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek memang patut di acungi jempol. Pasalnya, hampir setiap hari, kedua lembaga bidang pertahanan dan keamanan ini kerap melakukan berbagai kegiatan bersama-sama.

Seperti halnya yang terlihat di Desa Timahan Kecamatan Kampak ini. Babinsa Sertu Kandar dan Bhabinkamtibmas Bripka Puguh Riyanto bersama Satgas Covid-19 kompak berkeliling penjuru desa melakukan penyemprotan disinfektan. Rabu, (22/9).

Selain rumah warga, penyemprotan disinfektan yang digelar door to door dengan berjalan kaki ini juga menyasar fasilitas umum yang kerap digunakan oleh warga seperti musala atau masjid, sekolah, pertokoan, Poskamling diseputaran desa Timahan.

Disamping itu, dilakukan pula sosialisasi dengan metode public address atau yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan sebutan `Ledang` yakni berkeliling menggunakan kendaraan dan menyampaikan edukasi menggunakan perangkat pengeras suara terkait dengan disiplin protokol kesehatan.

Dikonfirmasi terpisah Bripka Puguh mengatakan, kegiatan semacam ini sebenarnya rutin dilakukan bersama Satgas Covid-19 ditingkat desa. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan serta menekan tingkat penyebaran Covid-19.

“Kami dari tiga pilar Desa Timahan bersama Satgas Covid-19 berupaya keras, bergotong royong, bahu membahu agar tidak ada lagi warga Desa Timahan yang terpapar Covid-19” Ujar Bripka Puguh.

Lebih lanjut pihaknya menuturkan, selain terkait dengan edukasi prokes dan sosialisasi menangkal penularan Covid-19, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan jadwal vaksinasi berikut lokasi yang bisa di akses oleh masyarakat.

“Harapannya, warga desa timahan memiliki kekebalan tubuh komunal dan tidak mudah tertular Covid-19. Tentunya didukung dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih disiplin lagi.” Pungkasnya.