Tiga Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek Terima Penghargaan Kapolres

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. mengganjar penghargaan kepada tiga orang Bhabinkamtibmas jajarannya. Penghargaan diberikan dalam sebuah prosesi upacara yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek yang diikuti oleh pejabat utama dan anggota. Rabu, (29/9)

Penghargaan tersebut diberikan bukan tanpa sebab. Tiga orang Bhabinkamtibmas yakni Aipda Setiyono, SH., Bhabinkamtibmas Desa Slawe Kecamatan Watulimo, Aipda Yuni Iswahyudi, SH., M.H., Bhabinkamtibmas Desa Nglongsor Kecamatan Tugu dan Aipda Andik Iswahyudi, SH., Bhabinkamtibmas Desa Tanggaran Kecamatan Pule dinilai cakap dalam menjalankan tugasnya serta aktif dalam pelaporan kegiatan melalui aplikasi BOS (Binmas Online System).

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas yang berperan aktif dalam mengelola kondusivitas Kamtibmas di desa binaannya dan bisa menjadi teladan bagi Bhabinkamtibmas lainnya untuk selalu memberikan pengabdian terbaik didukung tertib administrasi pelaporan.” Ujar AKBP Dwiasi.

AKBP Dwiasi mengungkapkan, aplikasi BOS merupakan implementasi dari modernisasi kepolisian sekaligus sebagai upaya perbaikan tata kelola kinerja Bhabinkamtibmas sehingga dapat diketahui sejauh mana tingkat keaktifan dari masing-masing Bhabinkamtibmas.

Setiap harinya, Bhabinkamtibmas wajib melaporkan kegiatan yang telah tergelar didesa binaan meliputi, door to door system, problem solving, inovasi, layanan kepolisian, kegiatan Desa/Kelurahan, pembinaan komunitas/organisasi masyarakat, pembinaan Siskamling, deteksi dini, hingga progres penanganan covid-19.

Penilaian para Bhabinkamtibas lanjut AKBP Dwiasi tidak terbatas pada pelaporan semata tetapi juga dicek langsung kelapangan oleh unit Binmas tingkat Polres. Hal ini dilakukan agar data yang diperoleh benar-benar valid dan tidak ada manipulasi pelaporan.

“Tugas Bhabinkamtibmas relatif cukup berat. Selain melaksanakan tugas rutin sebagaimana anggota yang lain, juga dibebankan deteksi dini, penyelesaian masalah ditambah tugas pengendalian Covid-19. Bhabinkamtibmas juga berperan sebagai garda terdepan deteksi dini di masing-masing daerah binaannya.” Imbuhnya.

Terkait dengan akselerasi penanganan Covid-19, AKBP Dwiasi meminta para Bhabinkamtibmas jajarannya untuk pro aktif turun ke desa-desa memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara luas khususnya tentang protokol kesehatan dan vaksinasi sehingga Kabupaten Trenggalek zona hijau dan beralih ke level 1 bisa segera terwujud.

“Semoga tugas yang dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab ini bisa menjadi ladang pahala bagi kita semua.” Pungkasnya.