Bersama Forkopimda, Kapolres Trenggalek Hadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek hadir dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Jum`at, (1/10).

Mengingat masih dalam situasi pandemi covid-19, upacara yang digelar secara virtual mengikuti kegiatan yang sama yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur dengan Irup Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan jumlah undangan terbatas.

Dikonfirmasi terpisah usai upacara, AKBP Dwiasi menegaskan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen yang tepat untuk memompa kembali semangat persatuan dan kebersamaan serta gotong royong sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Terlebih di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Pandemi Covid-19 adalah tanggung jawab bersama. Dengan persatuan saya yakin dan percaya kita bisa melewati pandemi ini dengan sehat dan selamat. Sesuai dengan tema Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila.” Tegas AKBP Dwiasi.

Lebih lanjut AKBP Dwiasi menuturkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga memiliki makna yang sangat mendalam dimana sejarah telah mencatat bahwa berbagai Pancasila tidak bisa tergantikan dengan yang lain. Pancasila merupakan dasar negara, falsafah hidup dan lambang Pemersatu bangsa Indonesia.

“Didalam Pancasila terdapat saripati nilai-niai luhur bangsa Indonesia.” Imbuhnya

Masih kata AKBP Dwiasi, the founding father Indonesia telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika. Maka sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekedar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila sudah final, tidak boleh ada yang mencoba mengutak-utik apalagi mengganti dengan ideologi yang bertentangan.” Tegasnya

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain, Bupati Trenggalek, H. M. Nur Arifin, Dandim 0806Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Kajari Darfiah, S.H.,M.H, Ketua PN Denny Riswanto, S.H., M.H., Ketua DPRD Samsul Anam, S.H, M.M., M.Hum, Ketua PA H. A Zahri, S.H., M.HI.

Serta sejumlah kepala OPD Pemkab Trenggalek.