Kunjungi Terminal Surodakan, Kasatlantas Trenggalek: Sinergitas Wujudkan Kamseltibcarlantas

Polres Trenggalek – Kamseltibcarlantas yang kondusif tak bisa lepas dari peran serta semua pihak. Sinergitas Kepolisian bersama instansi terkait seperti dinas perhubungan sangat penting untuk mewujudkan lalu lintas yang tidak hanya tertib tetapi juga aman dan nyaman.

Mendasari hal tersebut, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H., M.Si. menggelar kunjungan kerja ke terminal Surodakan yang merupakan salah satu terminal Bus yang berada di tengah kota tepatnya di Jalan Ki Mangun Sarkoro Trenggalek. Senin, (11/10)

Dalam kunjungan tersebut, AKP Meita berkesempatan mengambil apel pagi sekaligus menyampaikan beberapa hal terkait dengan tugas dan tanggung jawab bersama dalam memberikan pelayanan khususnya bidang transportasi darat yang aman bagi masyarakat..

Dikonfirmasi terpisah, AKP Meita menuturkan, kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka sinergitas dan optimalisasi pelaksanaan tugas guna menciptakan Kamseltibcar lantas di Kabupaten Trenggalek.

“Tugas pokok Polri dalam hal ini Satlantas dengan pengelola terminal saling terkait satu sama lain. Selama ini komunikasi dan koordinasi sudah terjalin dengan baik. Jadi kedatangan kami kesini, selain silaturahmi dan juga berkoordinasi tentang tugas-tugas bidang kelalulintasan kedepan.” Ujar AKP Meita

Masih kata AKP Meita, dalam pertemuan tersebut banyak hal yang didiskusikan, utamanya terkait dengan sarana prasarana penunjang, serta kolaborasi yang lebih intens dalam menciptakan Kamtibselcarlantas yang kondusif serta upaya-upaya preemtif maupun preventif berupa edukasi kesadaran tertib berlalu lintas dan angkutan umum yang berkeselamatan.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Meita bersama beberapa petugas juga melakukan Sidak dan pengecekan kelaikan bus yang kebetulan beroperasi di terminal Surodakan. Pengecekan kendaraan tersebut meliputi surat-surat kendaraan,  kondisi mesin, rem, lampu sign hingga ban serta perangkat keamanan darurat lainnya serta perangkat penunjang protokol kesehatan. Menurutnya, keselamatan penumpang harus menjadi prioritas.

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan publik khususnya transportasi umum serta memberikan jaminan keselamatan serta memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

“Kita pastikan bahwa kendaraan berikut fasilitas keamanan lainnya tersedia, laik pakai dan berfungsi dengan baik.” Ungkapnya.

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 lanjut AKP Meita, pihaknya mengimbau agar dalam proses aktivitas di terminal bus Surodakan tetap mematuhi protokol kesehatan termasuk bagi para kru angkutan umum maupun penumpang.