Polbindes, Upaya Satlantas Polres Trenggalek Tebarkan Semangat Patuh Prokes

Polres Trenggalek – Polbindes atau Polisi Bina Desa merupakan Salah satu dari sekian program satuan lalu lintas yang menyentuh langsung masyarakat. Polbindes, selain ajang temu muka antara Polantas dengan masyarakat, juga dimanfaatkan pula sebagai media sosialisasi tertib berlalu lintas hingga edukasi patuh protokol kesehatan. Terlebih di masa Pandemi seperti sekarang ini.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H., M.Si. menuturkan, program Polbindes yang digelar secara rutin oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek ini menyasar berbagai komunitas yang ada di tengah masyarakat.

“Untuk hari ini, kami berkunjung ke desa Dawuhan Kecamatan Trenggalek. Bertemu dengan warga dan menyampaikan berbagai hal terkait dengan kelalulintasan maupun penanganan pandemi Covid-19.” Ungkap AKP Meita

Lebih lanjut AKP Meita menuturkan, dalam kesempatan tersebut unit Kamsel Satlantas yang memang memiliki kompetensi di bidang edukasi dan penyuluhan masyarakat berperan aktif menggugah semangat dan motivasi warga tentang pentingnya kesadaran menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari. Termasuk saat berkendara di jalan raya.

“Mengingat saat ini masih pandemi, kita fokuskan membangun kesadaran komunal bagaimana menjaga diri dan orang lain sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan. Nah, ditengahnya kita sisipkan pesan-pesan atau tips-tips keselamatan berkendara.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kanitkamsel Satlantas Aiptu Ali Wibowo, S.H. mengatakan, dalam kegiatan ini antusias masyarakat relatif cukup tinggi. Meskipun digelar terbatas dan prokes ketat, sejumlah warga nampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan.

“Metode yang kita terapkan tentu menyesuaikan dengan level usia audience. Kita buat kegiatan menjadi menyenangkan dan disisipi joke-joke segar tapi mengena. Jadi, ndak yang formal banget. Santai tapi serius.” Ujar Aiptu Ali.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar saling menjaga dan mengingatkan tentang protokol kesehatan. Menurutnya, Prokes merupakan salah satu cara paling mudah agar tidak terpapar Covid-19.