Kawal Aksi Damai di Trenggalek, Polisi Bagikan Air Minum dan Masker

Polres Trenggalek – Sejumlah petugas Kepolisian tertangkap kamera sedang membagikan masker dan air minum kemasan kepada para peserta aksi damai tepatnya di depan Hotel Hayam Wuruk jalan Soekarno-Hatta Kabupaten Trenggalek. Senin, (25/10).

Aksi humanis tersebut merupakan bagian dari langkah jajaran Polres Trenggalek dalam memberikan jaminan rasa aman dan memastikan tidak ada gangguan selama kegiatan tersebut berlangsung. Bukan itu saja, petugas juga mengawal rombongan mulai dari start halaman Greenpark berjalan kaki menuju Hotel Wayam Wuruk.

Kasihumas Polres Trenggalek AKP Bambang Dwiyanto, A.Md., S.H. mengatakan penyampaian pendapat dalam bentuk apapun dilindungi oleh undang-undang. Namun dalam pelaksanaannya wajib memperhatikan ketertiban dan keselamatan.

Pada aspek yang lain, Polisi selaku penanggung jawab bidang Kamtibmas melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar sekaligus memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang lain. Keseluruhan dilakukan dengan mengedepankan pola preventif dan humanis.

“Kebetulan cuaca hari ini memang cukup panas, jadi kami bagikan air mineral. Kemudian mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, kami imbau para peserta aksi damai agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan kami bagikan juga masker.” Ungkap AKP Bambang.

Sebagai informasi, dalam aksi damai yang diikuti oleh puluhan orang dari berbagai elemen dan organisasi masyarakat Kabupaten Trenggalek tersebut digelar terkait dengan penolakan terhadap tambang emas.

Massa juga membentangkan beberapa spanduk diantaranya berisi `Kami Tolak Tambang Emas Trenggalek, `Wong galek wis mulyo tanpo tambang emas`, `Trenggalek ora butuh tambang emas`, `Tambang emas?  ra ritek` dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah, hingga akhir kegiatan semua berjalan aman, tertib dan tidak ada insiden apapun.” Imbuhnya.