Blusukan Kampung, Polres Trenggalek Jemput Bola Vaksinasi Door to Door

Polres Trenggalek – Selain memasifkan 3 T (Testing, Tracing dan Treatment), salah satu langkah yang terus digencarkan dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 adalah melalui vaksinasi disamping menggelorakan semangat patuh protokol kesehatan kepada masyarakat luas.

Kepolisian Resor Trenggalek sebagai salah satu garda tersedepan pelaksanaan vaksinasi, telah melakukan berbagai upaya dalam rangka akeselerasi pencapaian target vaksinasi di Kabupaten Trenggalek diantaranya vaksin merdeka hingga ke pelosok desa.

Bukan itu saja, Polres Trenggalek juga menggelar vaksinasi dengan metode door to door untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksin terutama bagi mereka yang berdomisili relatif jauh dari akses kesehatan.

“Iya benar. Hari ini kami melaksanakan vaksinasi door to door tepatnya di Desa Parakan Kecamatan Trenggalek.” Ujar Kasidokkes Polres Trenggalek Aipda Lukman Hadi Ismanto, A.Md. Kep. Jum`at, (29/10).

Didampingi oleh tenaga kesehatan dari Klinik Pratama Bhayangkara yang dipimpin oleh dr. Lilik Rahayu dan Bhabinkamtibmas Bripka Puput Johan Saputra, S.H., tim vaksinator ini blusukan dari kampung ke kampung hingga gang sempit untuk memberikan vaksinasi kepada masyarakat yang memang belum di vaksin.

Sasaran prioritas, lanjut Aipda Lukman, adalah warga yang berusia lanjut atau Lansia dan difabel. Meski demikian masyarakat lainnya yang mengingnkan vaksin juga tetap dilayani. Dalam vaksinasi door to door ini, sedikitnya puluhan warga secara sadar berkenan untuk disuntik vaksin.

“Jadi, selain vaksinasi kami juga berikan pemeriksaan kesehatan gratis khususnya bagi para Lansia. Kemudian kita juga bagikan bantuan sembako sebagai bentuk apresiasi dan meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.” Imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, dari pengalaman selama ini, masyarakat pada dasarnya mau di vaksin namun selain faktor usia sehingga ada sedikit rasa takut, beberapa diantaranya memang terkendala dengan mobilisasi menuju lokasi vaksin sehingga vaksinasi door to door ini menjadi salah satu langkah konkret jemput bola.

“Alhamdulillah. Setelah kita berikan penjelasan dan pengertian, banyak dari masyarakat yang kemudian sadar dan mau di vaksin.” Ujarnya.

Aipda Lukman menuturkan, kegiatan vaksinasi door to door ini akan terus berlanjut dengan waktu dan lokasi yang berbeda-beda dan diharapkan bisa menjangkau hingga lokasi terjauh sekalipun agar kekebalan komunal (herd immunity) bisa segera terwujud.