Gunakan Alat Seadanya, Polsek Bendungan Turun Tangan Bantu Bersihkan Material Longsor

Polres Trenggalek – Hujan deras yang mengguyur Desa Surenlor Kecamatan Bendungan sejak kemarin sore menyebabkan tanah longsor yang menimpa sebagian teras rumah warga. Akibatnya, bagian depan rumah miliki Sujito tersebut dipenuhi oleh material tanah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kamis, (28/10).

Mendengar informasi tersebut, petugas TNi-Polri bersama unsur tiga pilar dan warga desa setempat bergerak cepat membantu melakukan pembersihan material tanah yang memenuhi teras rumah warga tersebut menggunakan alat seadanya. Jum`at (29/10).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. menuturkan pihaknya telah menginstruksikan jajarannya agar responsif jika menerima laporan terkait dengan bencana alam. Hal ini sangat penting agar penanganan bisa lebih cepat dan efektif serta mengurangi risiko yang lebih besar.

“Anggota sudah langsung bergerak menangani dan memberikan bantuan bersinergi bersama TNI dan 3 pilar.” Ujar AKBP Dwiasi.

Sementara itu, Kapolsek Bendungan AKP Bambang Purwanto, S.H., M.H.  yang memimpin langsung proses pembersihan longsor tersebut mengatakan hujan deras berlangsung dari pukul 14.00 sampai 17.00 Wib tersebut mengakibatkan tanah setinggi 2,5 meter yang berada tepat disamping rumah Sujito longsor dengan lebar mencapai 10 meter.

“Kita bergotong royong bersama warga membersihkan material tanah longsor di depan dan samping rumah. Alhamdulillah tidak butuh waktu lama semua sudah bisa kita bersihkan.” Ujar

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal dan bermukim di wilayah perbukitan agar lebih hati-hati dan waspada mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. Jika mengetahui ada bencana alam sekecil apapun, pihaknya meminta segera melaporkan ke tiga pilar desa setempat atau ke Polsek Bendungan untuk segera ditangani.