Sinegitas Polri Bersama TNI dan Warga Gotong Royong Bersihkan Material Tanah Longsor

Polres Trenggalek – Bencana alam tanah longsor menimpa rumah salah satu warga tepatnya di desa Joho kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Longsor tersebut terjadi setelah sebelumnya hujan deras dengan intensitas sedang mengguyur wilayah desa tersebut selama hampir dua jam.

Hujan deran menyebabkan tebing tanah setinggi 15 meter yang berada disamping rumah Laman ambrol dengan panjang mencapai 15 meter yang menyebabkan kerusakan dibeberapa bagian rumah warga. Minggu, (1/11).

Menerima informasi tersebut, jajaran Polsek Pule bersama dengan TNI, 3 Pilar dan warga setempat bergerak cepat bergotong royong melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor berupa tanah dan batu yang memenuhi rumah warga tersebut dengan alat seadanya.

“Iya benar. Longsor terjadi sekitar pukul 24.00 Wib semalam akibat hujan deras. Kerusakan hampir 50% dan tafsir kerugian kurang lebih Rp. 20 juta.” Ujar Kapolsek Pule Iptu Rohmad Hudi, S.Pd. saat memimpin langsung aksi bersih-bersih tersebut.

Untuk mempercepat proses pembersihan, pihaknya menerjunkan sedikitnya belasan anggota yang lengkap dengan berbagai peralatan seperti cangkul, sekrop dan lain-lain. Pihaknya berupaya agar pembersihan bisa selesai dalam satu hari ini.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal dan bermukim di wilayah perbukitan agar lebih hati-hati dan waspada mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. Jika mengetahui ada bencana alam sekecil apapun, pihaknya meminta segera melaporkan ke tiga pilar desa setempat atau ke Polsek Pule untuk segera ditangani.