Digelar Virtual, Kapolres Trenggalek Ikuti Apel Besar Polda Jatim

Polres Trenggalek – Jajaran Polres Trenggalek mengikuti apel besar Kapolsek dan Kasatfung yang digelar Polda Jatim secara virtual melalui zoom meeting. Apel besar ini dibuka langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dan diikuti oleh segenap Direktorat dan Polres jajaran se jawa Timur. Rabu, (3/11).

Dalam acara yang digelar di Rupatama Mapolres Trenggalek tersebut nampak hadir Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., Kabag SDM Kompol Wajib Santoso, S.H., pejabat utama dan para Kapolsek jajaran.

Dalam arahannya Kapolda Jatim menekankan bahwa polisi harus siap dengan perubahan. Perubahan tidak hanya pada modernisasi perangkat tetapi juga pola pikir, kompetensi dan sumberdaya manusia. Termasuk didalamnya adalah perubahan sosial. Kebangkitan dan kemunduruan peradapan sebuah bangsa mempunyai hubungan korelasional antara satu dengan lainnya, yaitu respon terhadap perubahan.

Beberapa tantangan kedepan yang harus dijawab dengan respon antara lain, revolusi industri 4.0, tuntutan rasa keadilan, pelayanan cepat mudah dan transparan, SDM yang humanis, melayani, tidak arogan dan tidak koruptif serta membangun budaya dan etos kerja untuk mendorong produktifitas kinerja Polri. Oleh sebab itu, seluruh personel Polda Jatim harus mengerti dan paham akan tugas, wewenang dan tanggungjawabnya di masing-masing satuan kerja dan fungsi.

Di konfirmasi terpisah, AKBP Dwiasi menuturkan, menurut rencana apel besar akan di gelar selama dua hari ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kemampuan bagi para Kapolsek dan Kasat Fungsi di tingkat Polres agar mampu melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Dari Apel besar ini diharapkan peran Kapolsek dan Kasat fungsi untuk mampu melaksanakan mitigas dan pencegahan gangguan Kamtibmas dan mewujudkan SDM Presisi unggul di era Police 4.0 yang memiliki kapasitas dan kapabilitas didukung dengan peralatan modern dalam mewujudkan stabilitas Kamtibmas.” Ujar AKBP Dwiasi.

Dalam Apel besar tersebut terdapat beberapa agenda pelatihan. Hari pertama di isi dengan pelatihan Kapolsek meliputi tugas pokok, fungsi dan peran, komunikasi sosial, karakteristik kerawanan daerah, kerjasama Polsek, penggunaan perkuatan dan management media sosial. Sedangkan hari kedua di khususkan bagi para Kasat fungsi dengan materi kelalulintasa, penyidikan tindak pidana, hakekat ancaman kamtibmas, pemolisian masyarakat dan pengendalian massa.

“Saya minta ikuti kegiatan ini dengan baik. Manfaatkan untuk menggali ilmu dan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi diri.” Pungkasnya.