Vaksinasi Door to Door, Polres Trenggalek Siapkan Mobil Antar Jemput

Polres Trenggalek – Jajaran Satlantas turut ambil bagian dalam akselerasi vaksinasi door to door yang digelar oleh Sidokkes Polres Trenggalek di Desa Ngares dan Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek. Para Polantas ini menyiapkan satu kendaraan khusus yang digunakan antar jemput bagi warga khususnya lanjut usia yang ingin mengikuti vaksinasi. Rabu, (3/11).

Meminjam halamam satu rumah warga, tim kesehatan dan vaksinator yang dipimpin oleh Kasidokkes Aipda Lukman Hadi, Amd.Kep. dan dr. Lilik Rahayu menyiapkan segala keperluan terkait proses vaksinasi, sementara tim Satlantas yang dipimpin oleh Kanitkamsel Aipda Ali Wibowo, S.H. bertugas antar jemput lansia maupun warga yang bertempat tinggal relatif jauh dari lokasi.

“Seperti yang disampaikan oleh Kapolres AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., bahwa seluruh anggota harus andil dalam akselerasi vaksinasi ini. Kami dari jajaran Satlantas sengaja menyiapkan kendaraan antar jemput untuk memudahkan aksesbilitas vaksinasi bagi masyarakat Lansia dan rumahnya jauh.” Jelas Aipda Ali.

Tak berhenti disitu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk menyampaikan edukasi terkait dengan protokol kesehatan sebagai proteksi diri agar tidak mudah terpapar Covid-19. Pihaknya juga membagikan masker dan paket sembako khusus bagi Lansia dan warga tak mampu yang secara ekonomi terdampak Covid-19.

“Sesuai dengan Tupoksi Satlantas, kita sampaikan juga tentang etika dan tertib berlalu lintas. Jadi ibarat kata, sekali dayung dua tiga terlampaui. Sehatnya dapat, keamanannya dapat, bonus wawasan tentang kelalulintasan.” Imbuhnya.

Tak ayal, upaya satlantas ini pun mendapat respon positif dari warga setempat. Salah satu kendala yang kerap dikeluhkan adalah terkait dengan mobilitas warga khususnya lansia menuju lokasi vaksinasi.

Vaksinasi door to door ini sendiri merupakan langkah jemput bola untuk mengakselerasi capaian vaksinasi agar kekebalan komunal yang kita harapkan bisa segera terwujud. Sedikitnya puluhan warga termasuk Lansia mengikuti kegiatan vaksinasi ini.

“Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik dan antusiasme juga relatif tinggi.” Pungkasnya.