Patroli Siaga Baik Polres Trenggalek, Sarana Efektif Edukasi Tertib Lalin

Polres Trenggalek – Salah satu program unggulan Satlantas Polres Trenggalek yang bersifat preventif humanis dan rutin dilakukan hingga saat ini adalah `Patroli Siaga Baik`. Siaga disini memiliki dua makna. Siaga dalam arti siap sedia saat dibutuhkan dan memberikan pelayanan terbaik dan Siaga yang merupakan akronim dari Sambang dan interaksi bersama warga. Sedangkan kata Baik merupakan jargon Polres Trenggalek yang berarti bekerjasama melaksanakan Presisi Kapolri

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP AKP Meita Anisa, S.I.K., M.Si. menuturkan konsep dasar dari patroli siaga ini adalah membuka ruang komunikasi antara pihak kepolisian dengan masyarakat secara luas. Saat melakukan patroli, petugas tidak sekadar berkeliling atau stationer di spot tertentu tetapi lebih mengarah pada membangun dialog bersama masyarakat.

Bahkan, dalam prakteknya petugas bisa ikut ngobrol dan berbincang bersama warga yang ditemuinya. Nah, disela-sela kegiatan tersebut petugas bisa menyisipkan pesan-pesan Kamtibmas baik terkait bidang kelalulintasan maupun yang lain.

“Untuk hari ini patroli Siaga baik kita arahkan di wilayah kota Trenggalek. Pusat keramaian, perbelanjaan dan fasilitas umum yang berpotensi menjadi tempat kerumunan dan titik-titik rawan pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.” Ujar AKP Meita

AKP Meita menambahkan, dalam patroli tersebut petugas mengedepankan pola preemtif berupa pembinaan dan edukasi. Komunikasi dua arah yaang terbangun diharapkan bisa menjadi jembatan antara Kepolisian sekaligus menyerap aspirasi dan harapan masyarakat.

“Iya, warga bisa berkonsultasi, bertanya tentang apapun terkait dengan tugas-tugas kepolisian. Bisa juga memberi masukan, saran yang bersifat positif untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Trenggalek.” Imbuhnya.

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, petugas menyampaikan sosialisasi terkait dengan protokol kesehatan dan vaksinasi. Tak ketinggalan, petugas juga membagikan masker gratis kepada setiap warga yang ditemuinya.