Jumat Berkah. Bersama Polantas, Supeltas di Trenggalek Bersihkan Masjid

Polres Trenggalek – Membangun motivasi tidak harus dilakukan dengan cara-cara konvensional. Bisa juga dilakukan dengan melakukan kegiatan bersama sebagai wujud kebersamaan. Hal inilah yang dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek dalam menggugah semangat dan soliditas para sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas) di Kabupaten Trenggalek.

Ya, usai mengikuti pelatihan rutin yang memang sengaja digelar untuk meningkatkan kemampuan mengatur lalu lintas, puluhan Supeltas ini melakukan aksi sosial dengan membersihkan sebuah masjid tepatnya di Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan.

Dibawah koordinator Kanitkamsel Satlantas Polres trenggalek Aipda Ali Wibowo, S.H., para Supeltas yang matoritas adalah penyandang tuna rungu wicara ini nampak semangat membersihkan masjid menggunakan peralatan yang telah disediakan.

Sebagian terlihat membersihkan ruang dalam dan mimbar masjid. Sedangkan sisanya membersihkan area halaman masjid dengan memotong sampah dan rumput liar. Bukan itu saja, mereka juga menyapu, mengepel hingga mengelap kaca jendela.

“Iya benar. Hari ini sengaja kami dorong para Supeltas untuk melakukan kegiatan sosial. Tujuannya adalah selain menggugah semangat kebersamaan diantara para Supeltas, juga sebagai sarana menunjukkan eksistensi mereka bahwa keberadaan Supeltas tidak hanya berada di jalan tetapi juga memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui kegiatan sosial seperti ini.” Ujar Aipda Ali.

Aipda Ali menuturkan keberadaan sukarelawan Supeltas di Kabupaten Trenggalek relatif cukup banyak. Para Supetas ini mudah dijumpai berbagai simpang jalan maupun titik-titik jalur padat aktivitas. Pembinaan terhadap Supeltas ini semata-mata agar mereka memiliki wawasan dan pengetahuan dasar tentang kelalulintasan dan benar-benar memiliki kompetansi mumpuni sehingga keberadaannya bisa membawa manfaat untuk masyarakat luas.

Di akhir kegiatan, pihaknya bersama Supeltas memberikan bantuan berupa sembako kepada takmir masjid. Bantuan ini diberikan sebagai wujud apresiasi atas dukungan dalam menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif di Kabupaten Trenggalek.