Pelatihan Pengembangan Pegawai Berbasis Kopetensi Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Salah satu road map transformasi Polri Presisi yang digaungkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. adalah menjadikan sumber daya manusia Polri yang unggul di era police 4.0. Guna mewujudkan hal tersebut, Kepolisian Resor Trenggalek rutin menggelar pelatihan bagi anggotanya.

Salah satunya adalah melalui pelatihan pengembangan pegawai berbasis kompetensi/peningkatan kemampuan anggota Polres Trenggalek yang diikuti oleh 55 personel dari unsur kanirsamapta dan KaSPKT Polsek jajaran. Selasa, (9/11).

Dalam acara yang digelar di Rupatama Mapolres tersebut dibuka langsung oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Heru Dwi Purnomo, S.I.K., sedangkan bertindak selaku nara sumbert adalah Kabag SDM Kompol Wajib Santoso, S.H. dan AKP Tri Basuki, S.H. yang memang sudah cukup berpengalaman malang melintang dalam dunia Kepolisian.

Kompol Heru menuturkan, pelatihan ini merupakan upaya Polres Trenggalek untuk meningkatkan kualitas personelnya khususnya dalam bidang pelayanan kepada masyarakat. Hal ini sangat diperlukan untuk mendorong profesionalisme Polri sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Pihaknya meminta agar tidak setengah-setengah dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Mekanisme reward and punishment diterapkan secara ketat agar ada keseimbangan antara personel yang bekerja dengan baik dengan yang kurang. Pihaknya juga menyatakan tidak akan mentolelir pelanggaran oleh anggota terlebih dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

“Ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan untuk menggali ilmu dan pengetahuan dari para instruktur. Jangan ragu bertanya. Gali semua informasi yang bermanfaat.” Ujar Kompol Heru.

Sementara itu, Kompol Wajib mengatakan, dalam pelatihan ini terdapat beberapa materi yang disampaikan kepada peserta. Sesi pertama diisi dengan pemahamanan terkait dengan peraturan disiplin Polri dan kode etik Polri dan sesi kedua para peserta pelatihan diberikan materi tentang konsep pelayanan masyarakat yang ideal.

“Terkait dengan quick respon kemudian pelayanan prima, humanisme dan komunikasi sosial.” Jelas Kompol Wajib.

Dengan pelatihan ini lanjut Kompol Wajib, diharapkan kompetansi personel Polres Trenggalek semakin bertambah seiring dengan meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Polri dan progres Polres Trenggalek meraih WBBM dapat terwujud.