Upacara Hari Pahlawan, Kapolres Trenggalek Ajak Teguhkan Semangat Persatuan di Masa Pandemi

Polres Trenggalek – Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Trenggalek berlangsung Khidmat. Dalam upacara yang digelar di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha tersebut digelar terbatas dan dilaksanakan dengan prosedur protokol kesehatan ketat. Rabu, (10/11).

Dalam amanat yang dibacakan oleh Syah M. Natanegara, selaku inspektur upacara mengatakan bahwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan ini harus dijadikan contoh dengan satu tekad gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan elemen bangsa untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas,

Lebih lanjut Wakil Bupati menuturkan bahwa dalam 20 tahun mendatang Indonesia akan memasuki bonus demografi yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal, Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan

“Hal ini harus menjadi cambuk untuk meneguhkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Kini saatnya kita berdiri dan bergandengan tangan seraya berteriak, kita pasti bisa.” Ujarnya

Dikonfirmasi terpisah usai upacara, Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan hari pahlawan yang mengambil tema `Pahlawanku Inspirasiku` ini merupakan momen yang tepat untuk menggaungkan kembali semangat kepahlawan dalam menghadapi tantangan kedepan yang semakin komplek. Terutama dalam penanganan Covid-19.

“Perjuangan kita melawan penyebaran Covid-19 ini relatif masih panjang. Dengan jiwa dan semangat kepahlawan untuk bergotong royong, saling bahu membahu seperti yang dicontohkan oleh para pahlawan kita, saya yakin dan percaya kemenangan adalah sebuah keniscayaan.” Ujar AKBP Dwiasi

“Dimulai dari diri sendiri dengan mematuhi anjuran pemerintah. Menuto Prokes, jalankan 5M dengan konsisten dan ikuti vaksinasi.” Imbuhnya.

Pada sisi yang lain lanjut AKBP Dwiasi, pihaknya mengajak semua masyarakat Trenggalek untuk terus menggelorakan semangat Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Keragaman Indonesia merupakan anugerah luar biasa yang seharusnya bisa menjadi modal kuat, bukan sebaliknya menjadi faktor pemecah belah.

Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar slogan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

“Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan, Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Kajari Darfiah, S.H, M.H., Ketua DPRD Samsul Anam, S.H, M.M., M.Hum., Ketua Pengadilan Negeri Deny Riswanto, S.H. M.H., Ketua Pengadilan Agama H. A. Zahri, S.H., M.H.I., serta sejumlah kepala OPD dan tamu undangan lainnya.