Tatap Muka Kapolres Trenggalek Bersama Supeltas Tuna Rungu Wicara

Polres Trenggalek – Keberadaan para sukarelawan pengatur lalu lintas atau yang biasa dikenal dengan sebutan `Supeltas` dinilai sangat membantu kelancaran lalu lintas. Di Kabupaten Trenggalek, para Supeltas relatif cukup mudah ditemukan di persimpangan jalan diseputaran kota.

Sebagai wujud kepedulian sekaligus sebagai wadah pembinaan, Polres Trenggalek menggelar silaturahmi dan tatap muka bersama puluhan Supeltas tuna rungu wicara yang ada di Kabupaten Trenggalek. Jumat, (12/11).

Dalam acara yang digelar di Pujasera Wisata Kuliner Hutan Kota Trenggalek dihadiri langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. didampingi Kasatlantas AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H., M.Si. serta sejumlah anggota Satlantas.

“Iya benar. Kita sengaja kumpulkan dan bersilaturahmi sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kepada komunitas Supeltas karena telah banyak membantu tugas Polri untuk mengatur lalu lintas di Kabupaten Trenggalek.” Ujar AKBP Dwiasi.

Dalam kesempatan tersebut, dibantu oleh salah satu penerjemah bahasa isyarat, AKBP Dwiasi menggugah semangat para Supeltas dalam menjalankan profesinya. Kekurangan bukan menjadi penghalang untuk tetap berkarya dan membantu masyarakat lainnya.

Pihaknya juga meminta agar para Supeltas tidak sungkan untuk sharing dan koordinasi dengan Dikyasa Satlantas Polres Trenggalek terkait dalam hal pengaturan lalu lintas.

Senada, AKP Meita mengatakan ditengah personel kepolisian yang terbatas, keberadaam Supeltas memang cukup membantu. Pengaturan lalu lintas khususnya pada jalur tertentu yang tidak terjangkau oleh petugas dapat dimanfaatkan oleh para Supeltas ini. Namun demikian, pihaknya mengingatkan agar meminta imbalan secara paksa kepada para pengguna jalan.

“Pembinaan dilakukan secara periodik. Kita berikan wawasan tentang kelalulintasan dan cara pengaturan lalu lintas yang baik dan benar. Termasuk didalamnya tentang protokol kesehatan agar mereka juga tetap sehat dan terhindar dari paparan Covid-19.” Ucapnya.

Acara ditutup dengan penyerahan tali asih oleh Kapolres Trenggalek kepada para Supeltas yang hadir.