Memasuki Musim Penghujan, Polres Trenggalek Intensifkan Patroli Rawan Bencana

Polres Trenggalek – Memasuki musim penghujan, jajaran Polres Trenggalek mengintensifkan patroli rawan bencana alam. Patroli ini dimaksudkan untuk memetakan sekaligus antisipasi kerawanan yang ditimbulkan akibat bencana alam.

Kasihumas Polres Trenggalek AKP Bambang Dwiyanto, A.Md., S.H. menuturkan, sesuai dengan instruksi dari Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. agar setiap satuan kerja meningkatkan kewaspadaan dan potensi terhadap bencana alam di wilayah masing-masing.

“Pemetaan titik rawan bencana selalu kita update sehingga bisa kita antisipasi sedini mungkin berikut progres apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi fatalitas korban.” Ujar AKP Bambang

Lebih lanjut AKP Bambang mengungkapkan, beberapa hari terakhir sejumlah bencana alam seperti pohon tumbang dan tanah longsor terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Trenggalek diantaranya, Watulimo, Pule, Dongko, Bendungan, dan beberapa daerah pegunungan lainnya.

Dalam penanganannya, pihak Kepolisian bersinergi bersama TNI dan stakeholder terkait lainnya turun tangan bersama masyarakat membersihkan material longsor serta memberikan bantuan sosial sebagai wujud kepedulian dan membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah.

AKP Bambang menegaskan , seluruh jajaran Polres Trenggalek sudah diperintahkan untuk respon cepat setiap laporan bencana alam yang masuk dan mengambil tindakan kepolisian yang diberikan serta memberikan bantuan dan evakuasi.

“Kemudian di tingkat Polres kita siagakan Satgas bencana yang bisa digerakkan sewaktu-waktu. Disamping itu, tim Binmas juga bergerak menyampaikan imbauan agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati.” Pungkasnya.