Polisi Turun Tangan Bersihkan Sampah yang Sumbat Aliran Sungai

Polres Trenggalek – Seperti diketahui bersama, beberapa hari yang lalu, banjir sempat sempat melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek. Setidaknya ada 7 kecamatan yang terdampak akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Trenggalek.

Guna mengantisipasi hal tersebut, jajaran Kepolisian menerjunkan personelnya untuk melakukan upaya preventif guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan jika hujan deras kembali terjadi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh personel dari Polsek Pogalan ini. bersama dengan unsur tiga pilar, membersihkan sampah dan ranting pohon yang di bawah jembatan sungai Wadikidul desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan. Menggunakan alat seadanya, petugas berupaya membersihkan agar sampah tidak lagi menyumbat dan air sungai dapat mengalir dengan lancar. Jumat, (19/11).

Sementara itu, Polsek Bendungan bersama stakeholder terkait dan masyarakat setempat bergotong royong membersihkan material tanah longsor di dua lokasi sekaligus. Lokasi pertama adalah longsor yang menutup akses jalan desa Depok. Sedangkan lokasi kedua adalah di rumah salah satu warga Desa Depok, dimana longsor telah menyebabkan tembok rumah warga tersebut jebol.

Kasihumas Polres Trenggalek AKP Bambang Dwiyanto, A.Md., S.H. menuturkan, longsor tersebut terjadi tadi malam sekira pukul 18.30 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Hari ini personel dari Polsek Bendungan sudah di lokasi dan membantu upaya evakuasi dan pembersihan. Kita upayakan selesai secepatnya.” Ujar AKP Bambang.

Sedangkan di Kecamatan Dongko, petugas bersama warga melakukan kerja bakti membuat jalur alternatif karena salah satu jalan utama antar dusun di Desa Sumberbening mengalami amblas dan tidak bisa dilalui setelah sebelumnya juga di guyur hujan intensitas tinggi.

Pihaknya kembali mengingatkan, memasuki musim penghujan ini masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati. Jika mengetahui bencana alam, pihaknya meminta agar segera melaporkan kepada aparat setempat untuk penanganan lebih lanjut.