Pastikan Sesuai SOP, Kapolres Trenggalek Cek Ruang Tahanan

Polres Trenggalek  – Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. melakukan sidak ke ruang tahanan Mapolres. Sidak ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesigapan dan kesiapsiagaan petugas dalam menjalankan tugas sesuai dengan SOP yang berlaku. Senin, (22/11).

Didampingi oleh sejumlah pejabat utama, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini blusukan memeriksa satu persatu kamar tahanan dan melihat secara langsung kondisi para tahanan. Termasuk diantaranya fasilitas penunjang lainnya seperti kamar mandi dan ruang besuk.

AKBP Dwiasi menuturkan, banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan untuk mengelabui dan lari dari ruang tahanan. Namun demikian, pihaknya meminta agar dalam memperlakukan tahanan harus tetap humanis dan memperhatikan koridor HAM.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Dwiasi juga mengecek ruang jaga tahanan serta fasilitas yang menyertainya. Pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan dan keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan yang tidak diinginkan.

“Jika menemukan barang-barang yang dinilai dapat membahayakan, jangan ragu untuk dikeluarkan dari ruang tahanan.” Ujar AKBP Dwiasi

Selain itu, AKBP Dwiasi juga memeriksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, CCTV pengawas hingga soal kebersihan. Pihaknya mengintruksikan agar setiap petugas jaga benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada.

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, AKBP Dwiasi meminta agar penerapan protokol kesehatan benar-benar di jaga. Demikian pula dengan pemeriksaan kesehatan rutin maupun vaksinasi bagi para tahanan wajib dilakukan.

Saat bertatap muka dengan para tahanan, AKBP Dwiasi mengimbau agar memperbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan untuk mengambil makna dan menjadi manusia yang lebih baik.

“Jadikan pelajaran berharga dan jangan sampai mengulangi lagi. Hanya keledai yang jatuh pada lubang yang sama” Pungkasnya.