PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Gandeng Kemenag dan MUI, Polres Trenggalek Optimalkan Peran Da`i Kamtibmas

Polres Trenggalek – Dalam upaya menjaga Kamtibmas kondusif, polisi tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan peran serta dari segenap elemen masyarakat untuk mendukung dan berperan aktif sesuai dengan kemampuan dan peran masing-masing.

Guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mengelola dinamika Kamtibmas agar tetap terjaga dengan baik, Kepolisian Resor Trenggalek berkolaborasi bersama MUI dan Kemenag memberdayakan dan mengoptimalkan kembali peran Da`i Kamtibmas.

Wakapolres Trenggalek Kompol Heru Dwi Purnomo, S.I.K. saat membuka acara Pemantapan Da’i Kamtibmas Polres Trenggalek dalam rangka Menjaga Kamtibmas Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) mengatakan kontrbusi Da’i Kamtibmas cukup tinggi di tengah derasnya informasi yang berkembang saat ini. Rabu, (29/12).

Peran Da`i Kamtibmas tidak hanya terbatas pada pencegahan radikalisme maupun terorisme belaka tetapi lebih luas lagi bisa menjadi pelopor dalam penerapan protokol kesehatan sebagai langkah penanganan penyebaran Covid-19.

“Mayoritas, Da`i Kamtibmas merupakan tokoh yang relatif disegani di tengah masyarakat. Sebagai tokoh lokal berpengaruh, selain menjadi teladan bisa pula menyisipkan pesan-pesan Kamtibmas khususnya terkait dengan penyakit masyarakat mauoun Covid-19. Terlebih di masa libur Nataru seperti sekarang ini.” Ujar Kompol Heru.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Trenggalek KH. Dr. Syafi’i. menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi sinergitas antara kepolisian dengan para Da`i. Menurutnya, hal ini cukup efektif untuk mendorong terciptanya situasi yang aman diwilayah Kabupaten Trenggalek khususnya menjelang Tahun Baru.

“Menjelang tahun baru, diharapkan para Da’i Kamtibmas mampu mengajak untuk berkegiatan positif dengan do’a di masjid atau tempat ibadah lainnya. Mengingat ada varian baru Covid-19, kami berpesan saling mengingatkan tentang pentingnya Prokes cegah Covid-19.” Ujarnya.

Senada, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Trenggalek Moh. Badrudin mengatakan, acara pemantapan Da’i Kamtibmas ini merupakan langkah memperkuat komunikasi dan kolaborasi antara Polres Trenggalek dengan instansi terkait utamanya dalam menghadapi Nataru dimana dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19.

Peranan da’i Kamtibmas penting dalam menyuarakan tentang protokol kesehatan. Pihaknya berharap para da’i Kamtibmas selalu memberikan ketenangan serta kedisiplinan Prokes di setiap majelis.

“Terima kasih kepada Polres Trenggalek yang telah mempercayakan kepada kami Da’i Kamtibmas dan para penyuluh agama.” Ucapnya.

Acara ditutup dengan penyematan jas dan Pin oleh Wakapolres Trenggalek kepada sejumlah perwakilan Da`i Kamtibmas.

baca juga :

Wakapolres Trenggalek Pimpin Upacara HUT ke-74 RI

Optimis Juara, Ini Rahasia Tim Pocil Polres Trenggalek

polrestrenggalek

Cek Kesiapsiagaan, Kapolres Trenggalek Kunjungi Mapolsek Tugu

@2021 Polres Trenggalek