PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Blusukan ke Pelosok Desa, Polres Trenggalek Gencarkan Vaksinasi

Polres Trenggalek – Meskipun telah mencapai target 70%, bukan berarti vaksinasi menjadi kendor. Jajaran Polres Trenggalek melalui program vaksinasi presisi yang domotori oleh Sidokkes terus mengencarkan vaksinasi hingga pelosok desa.

Kali ini, vaksinasi presisi digelar di Desa Pringapus Kecamatan Dongko. Bersinergi bersama Polsek Dongko, Puskesmas dan komunitas masyarakat setempat, petugas kesehatan dan vaksinator ini berkeliling kerumah warga untuk memberikan akses vaksinasi. Selasa, (4/1).

Kapolsek Dongko AKP Rohadi, S.H. yang kebetulan turut hadir dan mendampingi kegiatan tersebut menuturkan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, pihaknya telah menginstruksikan Bhabinkamtibmas untuk mendata dan memetakan masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi terutama kalangan lansia dan masyarakat rentan.

“Jadi selain stationer di rumah salah satu warga, vaksinasi juga dilakukan door to door. Masyarakat cukup tunggu dirumah, nanti kami bersama vaksinator akan mendatangi ke tempat tinggal masing-masing.” Ujar AKP Rohadi.

Sementara itu, Kasidokkes Polres Trenggalek Aipda Lukman Hadi, A.Md.Kep. mengatakan pihaknya melibatkan sedikitnya 15 orang vaksinator yang merupakan gabungan dari Klinik Pratama Bhayangkara Trenggalek dan Puskesmas setempat.

“Untuk hari ini, total ada 148 orang warga yang mengikuti vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua. 44 orang diantaranya kategori Lansia.” Jelas Aipda Lukman.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Pringapus Kecamatan Dongko Bripka Devit Dwi H.S. mengatakan, pada prinsipnya antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ini relatif cukup tinggi.

Beberapa kendala yang kerap dihadapi antara lain, jarak antara rumah warga dengan akses kesehatan yang cukup jauh, kesibukan mencari nafkah sehari-hari dimana sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani dan peternak, aktivitas masyarakat yang terbatas di tingkat lokal desa sehingga merasa tidak perlu divaksin serta pemahaman yang minim tentang pentingnya vaksinasi dalam mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

“Sosialisasi dan edukasi bersama tiga pilar terus kita galakkan. Kami juga apresiasiasi kepada komunitas masyarakat yang tergabung dalam IST Korwil Dongko serta warga Desa Pringapus yang turut berperan aktif, membantu dan mendukung selama proses vaksinasi hari ini.” Ucapnya.

baca juga :

Laga Persiga Vs Perseta, Polres Trenggalek Turunkan 112 Personel Pengamanan

polrestrenggalek

Cegah Kejahatan Polsek Gandusari Laksanakan Patroli Sore Hari

polrestrenggalek

Hospital Visit, Kapolres Trenggalek Jenguk Anggota Yang Sakit

@2021 Polres Trenggalek