PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Pertama di Indonesia, Polres Trenggalek Kenalkan Pembelajaran Hybrid polribelajar.id

Polres Trenggalek – Kabupaten Trenggalek adalah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki luas wilayah 1261,40 km2 yang terbagi menjadi 14 kecamatan dam 152 desa dan lima kelurahan.

Untuk menjaga Kamtibmas dan kondusifitas wilayah. Polres Trenggalek memiliki 13 polsek dan satu Polsubsektor dan saat ini  memiliki 648 personel, terdiri dari 6 perwira menengah, 62 perwira pertama dan 580 bintara. Sedangkan rasio kebutuhan anggota polri dengan jumlah masyarakat di Trenggalek saat ini 1 banding 1.128. Kondisi tersebut masih jauh dibawah kebutuhan ideal.

Di tengah keterbatasan jumlah personel kepolisian, tidak menyurutkan semangat Polres Trenggalek untuk melayani masyarakat. Untuk itulah dibutuhkan strategi dan inovasi, demi mengoptimalkan pelayanan, demi mewujudkan Polri yang Presisi, Prediktif, Responsibilitas, Transparasi, dan Berkeadilan.

Di bawah kepemimpinan AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., Polres Trenggalek kini tengah mengembangkan inovasi pelatihan sistem hybrid, melalui Learning Management System (LMS) polri belajar.id. Inovasi ini dirancang guna menjawab permasalahan metode peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia atau SDM Polres, untuk memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

Dengan polribelajar.id, Personel Polres Trenggalek bisa lebih mudah untuk mendapatkan berbagai materi pelatihan, latihan soal, dan asesmen online dan materi pembelajaran lainnya melalui e-book yang telah di upload oleh Admin. Tidak sampai disitu, teknologi Learning Management System (LMS).

Bahkan kini sudah bisa menjalankan ujian secara online, evaluasi dan penilaian bagi Personel, Pelatih  secara professional tanpa adanya tekanan. Bahkan LMS terus dikembangkan dengan berbagai portal informasi, majalah, maupun surat kabar, sehingga isinya semakin beragam dengan perpaduan multimedia, video streaming, serta tampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data. Manfaat aplikasi LMS polribelajar.id kini dapat dirasakan oleh jajaran polres Trenggalek.

Sebagai informasi, polribelajar.id  adalah inovasi Polres Trenggalek yang berupa platform edutech menggunakan sistem pembelajaran secara online dan offline dengan memanfaatkan metode learning management system (LMS).

LMS merupakan aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. LMS digunakan untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan. Perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara daring. LMS ini biasanya digunakan untuk mengotomatisasi pencatatan dan pendaftaran pegawai.

aplikasi polribelajar.id yang mengusung tema `Berlatih Kapanpun dan dimanapun` dan merupakan yang Pertama Kali di lingkungan Polri ini menggunakan tiga level user yakni level admin, instruktur dan peserta.

Level admin berfungsi untuk mengatur jadwal pelatihan, menambahkan peserta dan instruktur pelatihan serta memberikan informasi pengumuman yang berkaitan dengan kegiatan pelatihan.

level instruktur digunakan oleh tenaga instruktur yang telah ditunjuk untuk membuat kelas pelatihan dan soal pelatihan pre test dan post test yang nantinya digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran baik aspek peserta maupun media pembelajarannya.

Sedangkan level peserta, digunakan oleh peserta yang akan mengikuti pelatihan. Peserta dapat mengunduh materi pelatihan yang telah disediakan baik berupa audio visual maupun modul pembelajaran. Peserta juga bisa mengerjakan soal pre test dan post test pada menu yang telah disediakan. Jika dinyatakan lulus, peserta bisa melanjutkan dengan mengikuti praktik lapangan.

Dan yang paling istewa, sebagaimana sekolah formal maupun kursus, bagi peserta yang mampu menyelesaikan test dan praktik lapangan dengan nilai diatas passing grade akan diberikan sertifikat pelatihan. Sedangkan bagi mereka yang belum lulus diwajibkan mengikuti remidi atau pelatihan ulang dengan jadwal yang ditentukan oleh admin.

baca juga :

Dinilai Berdedikasi, Anggota Polres Trenggalek Diganjar Kenaikan Pangkat Pengabdian

Forkopimda Trenggalek Pimpin Apel Kesiapsiagaan Operasi Penanganan Covid-19

Blusukan ke Ibu-ibu agar waspadai tindak pencabulan anak

@2021 Polres Trenggalek