PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Sidak Tahanan, Kapolres Trenggalek: Perbanyak Ibadah, Renungi dan Jangan Ulangi Kesalahan

Polres Trenggalek – Peristiwa tahanan kabur atau melawan petugas menjadi pelajaran berharga. Guna mengantisipasi hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di ruang tahanan Polres Trenggalek. Selasa, (29/3).

Didampingi Wakapolres Kompol Kompol Hariyanto, S.H., S.I.K., M.M. dan sejumlah pejabat utama lainnya orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini blusukan memeriksa satu persatu kamar tahanan dan melihat secara langsung kondisi para tahanan. Termasuk diantaranya fasilitas penunjang seperti kamar mandi dan ruang besuk.

AKBP Dwiasi mengatakan, ibarat mencegah lebih baik daripada mengobati. Sidak ini dilakukan guna mengetahui kesiapsiagaan anggota khususnya yang bertugas jaga tahanan sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada.

Meskipun berstatus tahanan, namun perlakuan terhadap mereka harus tetap humanis. Hak-hak mendasar seperti makan, beribadah ataupun kunjungan keluarga harus terpenuhi dengan baik.

“Perspektif HAM harus tetap dikedepankan. Hak-hak mereka harus terpenuhi. Bahkan tiap hari Kamis kami hadirkan pemuka agama untuk memberi pencerahan kepada mereka. Pemeriksaan kesehatan juga rutin dilakukan.” ungkap AKBP Dwiasi

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Dwiasi juga berbincang langsung dengan para tahanan dan memberikan motivasi untuk berubah dan tidak mengulangi perbuatannya sehingga kedepan setelah melalui proses peradilan dan menjalani hukuman dapat kembali diterima di tengah masyarakat.

“Kita gugah kesadarannya, merenungi perbuatan yang sudah dilakukan dan mengambil hikmahnya. Perbanyak ibadah agar bisa menjadi manusia yang lebih baik, yang bermanfaat bagi yang lain dan tidak lagi melakukan tindak kejahatan.” Pungkasnya.

baca juga :

Jenguk Anggota Polres Trenggalek Yang Sakit, AKP Suyono Beserta Anggota Beri Dukungan Moral

Minimalisir Pelanggaran, Satlantas Gelar Razia Gabungan dan Sidang Ditempat

Gandeng UPT Destinasi Wisata Terpadu, Satlantas Trenggalek Rumuskan Pengamanan Nataru

@2021 Polres Trenggalek