PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Pastikan Aman, Polres Trenggalek Gelar Patroli Ramadan

Polres Trenggalek – Menjelang waktu berbuka, tingkat aktivitas kegiatan masyarakat di sejumlah lokasi di Kabupaten Trenggalek terpantau relatif meningkat. Beberapa tempat seperti Alun-alun, Trenggalek Greenpark, stadion Menak Sopal, Pasar Pon hingga pusat perbelanjaan terlihat cukup raamai dipadati masyarakat.

Sebagian diantaranya nampak sedang berburu menu buka puasa atau takjil, sebagian lainnya sekadar ngabuburit menghabiskan waktu sembari menunggu buka puasa. Selasa, (5/4).

Peningkatan aktivitas tersebut tentu turut berpengaruh dalam hal keamanan dan ketertiban. Guna memastikan semua berlangsung kondusif, Polres Trenggalek menerjunkan sejumlah personel untuk melakukan patroli.

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto mengatakan, dibulan suci Ramadan ini, Polres Trenggalek memang lebih mengintensifkan kegiatan kepolisian yang bersifat preventif, edukatif dan humanis.

Salah satunya adalah patroli Ngabuburit, dimana petugas kepolisian baik tingkat Polres maupun Polsek akan berpatroli pada lokasi-lokasi yang dinilai menjadi jujukan warga yang melakukan ngabuburit.

“Memastikan bahwa situasi Kamtibmas selalu kondusif selama Ramadan” Ungkapnya

Patroli yang tergelar merupakan gabungan dari satuan kepolisian diantaranya, Satsamapta, Satbinmas maupun Satlantas. Bukan itu saja, patroli tertutup dari Satintelkam dan Satreskrim pun turut dikerahkan untuk memantau keamanan secara mobile.

Tak hanya sebatas aspek keamanan semata, petugas juga ditugaskan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker dan menjaga jarak jarak atau kerumunan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 berikut variannya, mengingat sampai saat ini pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Iptu Suswanto mengatakan, patroli Ngabuburit digelar mulai dari pukul 16.00 Wib hingga memasuki waktu berbuka puasa. Sedangkan sasarannya adalah lokasi yang kerap digunakan warga untuk menunggu waktu berbuka serta tempat lain yang dimanfaatkan sebagai lokasi berjualan takjil, makanan dan kebutuhan berbuka puasa.

Tak berhenti disitu, Kepolisian Bumi Menak Sopal ini juga menggelar patroli tarawih. Patroli ini fokus pada pengamanan ibadah salat tarawih di masjid maupun mushola serta pemukiman penduduk untuk memastikan tidak terjadi pencurian atau tindak kejahatan lainnya saat ditinggal warga.

Ada pula patroli sahur yakni patroli yang digelar menjelang waktu sahur mulai pukul 03.00 Wib dini hari sampai dengan masuk waktu imsya.

“Patroli bersifat interaktif. Artinya, petugas tidak hanya berkeliling tetapi berinteraksi langsung dengan masyarakat. Jika menemukan pelanggaran baik terkait dengan Kamtibmas ataupun protokol kesehatan petugas akan memberikan teguran dan tindakan tegas terukur.” Pungkasnya

baca juga :

Aniaya Istri Hingga Luka Parah, Seorang Pria ditangkap Petugas

polrestrenggalek

Rekatkan Silaturahmi, Polres Trenggalek Gelar Salat Idul Fitri Bersama Keluarga Besar Polri

Jaga Kondusifitas Wilayah, Polres Trenggalek Gelar Silaturahmi Kamtibmas dan Doa Bersama

polrestrenggalek
@2021 Polres Trenggalek