PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Lebaran, Polres Trenggalek Intensifkan Patroli Terminal Bus

Polres Trenggalek – Salah satu titik lokasi yang menjadi sasaran pengamanan jajaran Polres Trenggalek selama menjelang lebaran tahun ini adalah terminal bus Surodakan.

Ya, terminal bus tipe A dan merupakan terminal induk terbesar yang terletak di kabupaten Trenggalek ini merupakan pusat aktivitas masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan transportasi umum darat.

Dihubungi terpisah, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto mengatakan menjelang lebaran pihaknya mengintensifkan patroli di seputaran terminal Surodakan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang.

“Sedikitnya ada tiga unit patroli yang kita kerahkan secara bergantian untuk berpatroli dengan sasaran terminal bus maupun lokasi pemberhentian bus dan angkutan umum lainnya.” Ujar Iptu Suswanto kepada tim redaksi. Minggu, (24/4).

Iptu Suswanto menuturkan, selain berpatroli rutin, petugas juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Organda guna mengecek kelaikan kendaraan angkutan umum untuk menjamin keamanan dan keselamatan para penumpang.

“Untuk saat ini memang belum terjadi kenaikan jumlah penumpang yang signifikan tetapi langkah antisipatif tetap kita laksanakan. Gelombang arus mudik diperkirakan akan mulai terjadi H-7 hingga lebaran nanti.” Imbuhnya

Iptu Suswanto menambahkan, dalam rangka menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022. Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku  kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi `Ketupat Semeru 2022 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 s.d. 9 Mei 2022.

Polres Trenggalek melibatkan sedikitnya 403 personel gabungan yangterdiri dari unsur TNI/Polri, Sarpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, Senkom, hingga Pramuka dan relawan lainnya.

Selain itu, Polres Trenggalek akan mendirikan sejumlah pos pengamanan diantaranya di Durenan, Tugu, Watulimo dan Panggul serta satu pos pelayanan di lokasi wisata Trenggalek Agropark. Masing-masing pos nantinya akan diisi oleh personel gabungan lintas instansi.

Tak berhenti disitu, Polres Trenggalek akan menggencarkan sosialiasi dengan tagline `Vaksinasi booster, mudik sehat, mudik aman`.

Mudik sehat adalah terpenuhinya syarat mudik sebagaimana aturan yang telah ditetapkan pemerintah, Prokes dilaksanakan secara konsisten dan bertanggungjawab, tergelarnya pelayanan kesehatan melalui pos pam dan pos yan sehingga tidak terjadi lonjakan Covid-19 paska lebaran. Sedangkan mudik aman, pengguna jalan mematuhi Kamseltibcarlantas dengan slogan aman, tertib, lancar dan selamat.

Pihak kepolisian juga mengimbau mudik menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor karena risiko yang cukup tinggi dan berdasarkan data paling rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

baca juga :

Jaga Kondusifitas Polsek Gandusari Patroli Rutin Di Pertokoan Emas Perbankan Dan Pemukiman

32 Tahun Dinas Tanpa Cacat, Satu Anggota Polres Trenggalek Terima Kenaikan Pangkat Pengabdian

Polsek Gandusari Amankan Kegiatan Festival Layang Layang Di Desa Wonoanti

@2021 Polres Trenggalek