PolresTrenggalek.com
Headline Polres Trenggalek

Antisipasi Lonjakan Wisatawan, Polres Trenggalek All Out Amankan Lokasi Wisata

Polres Trenggalek – Puncak libur lebaran nampaknya benar- benar dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bersantai dan melepas penat. Hal ini dibuktikan dengan ramainya wisatawan disejumlah lokasi wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek. Minggu, (8/5).

Meningkatnya kunjungan wisatawan ini satu sisi berdampak positif terhadap roda ekonomi masyarakat sekitar, namun disi lain juga berpengaruh terhadap potensi gangguan Kamtibmas. Mulai dari kemacetan, kecelakaan hingga kriminalitas jalanan seperti pencurian, benturan antar kelompok masyarakat dan tak ketinggalan paparan Covid-19.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Polres Trenggalek telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Ratusan personel kepolisian diterjunkan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus sebagai wujud dukungan terhadap roda ekonomi masyarakat.

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto mengungkapkan, personel kepolisian yang dilibatkan dalam pengamanan puncak libur lebaran ini disebar mulai dari jalur menuju lokasi wisata yang bertugas mengamankan titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan, antrian tiket masuk hingga didalam lokasi wisata itu sendiri.

“Iya benar. Lokasi wisata terutama di wilayah pesisir memang mengalami peningkatan signifikan. Di Watulimo misalnya, ribuan wisatawan yang berkunjung terkonsentrasi di Pantai Simbaronce, Pasir Putih, Prigi dan Mutiara. Sisanya menyebar Pantai Cengkrong dan Jembatan Mangrove, Damas dan Guo Lowo.” Ujarnya.

Sementara di wilayah Panggul yakni pantai Konang dan Pelang relatif lebih sedikit. Kondisi yang sama juga terlihat di pantai Blado yang berada di Kecamatan Munjungan. Namun demikian bukan berarti pengamanan menjadi kendor, sebaliknya pengamanan dilakukan dengan ketat.

Sedangkan terkait dengan antisipasi lonjakan Covid-19 paska lebaran, Iptu Suswanto menegasakan, disamping protokol kesehatan yang wajib diterapkan, di tiap-tiap lokasi wisata pengunjung diwajibkan  scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

“Kita siapkan pula tim vaksinasi presisi yang kita tempatkan di Pos pengamanan. Jadi, bagi masyarakat yang ingin vaksin bisa langsung mendatangi pos pengamanan yang ada di tiap-tiap lokasi wisata.” Pungkasnya.

baca juga :

Puncak Libur Nataru, Polres Trenggalek Amankan Gereja dan Destinasi Wisata

Penerapan PPKM, Polres Trenggalek Siapkan Personel Bantu Sosialisasi dan Pengawasan

Tak Hanya Eksis Kepanduan, Pramuka Zaman Now Juga Peduli Lingkungan

@2021 Polres Trenggalek