Polrestrenggalek.com
Polres Trenggalek

Masyarakat Trenggalek Komitmen Jaga Ramadan Aman dan Damai

Polres Trenggalek – Sejumlah tokoh masyarakat dan Pemuda Trenggalek berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban serta kekhusukan beribadah selama bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445.

Hal tersebut dinyatakan dalam bentuk deklarasi Ramadan Damai yang diselenggarakan bersamaan dengan acara rapat koordinasi dan harmonisasi tokoh agama, tokoh masyarakat dalam rangka menyambut bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1445 H yang dimotori oleh tiga pilar Kecamatan Trenggalek. Senin, (11/3).

Dalam acara yang mengambil tempat di salah satu kafe yang berada di jalan Brigjen Soetran tersebut, dihadiri oleh Forkopimca Trenggalek, Kepala KUA, Lurah dan Kades se Kecamatan Trenggalek, Tokoh masyarakat, Tokoh agama serta perwakilan dari sejumlah organisasi masyarakat dan pencak silat.

Adapun beberapa poin penting dalam deklarasi tersebut diantaranya adalah, mewakili elemen masyarakat kecamatan Trenggalek menyatakan siap menjaga dan menciptakan kamtibmas yang kondusif, saling menghormati dengan tetap menjaga kerukunan dan persatuan antar sesama umat bergama.

Selain itu, mendukung dan mematuhi kebijakan pemerintah untuk mewujudkan Ramadan yang aman dan damai. Mengimbau kepada masyarakat tidak melakukan ronda sahur secara berlebihan menggunakan kendaraan terbuka dan sound system, tidak melakukan konvoi, tidak menerbangkan balon udara dan petasan atau kembang api.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatbinmas AKP Rohmad Hudi, S.Pd., yang kebetulan turut hadir dalam acara tersebut menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Bentuk komitmen dfan rasa tanggung jawab bersama dalam mewujudkan bulan ramadan yang aman dan damai.” Jelasnya.

Pihaknya menambahkan, meski ada perbedaan waktu ramadan, pihaknya mengimbau agar hal ini tidak menjadi masalah dan tetap mengedepankan sikap saling menghormati, menjaga toleransi dan senantiasa rukun satu sama lain.

AKP Rohmad jug ameminta agar kesepakatan dan komitmen ini tidak hanya berhenti di tempat ini tetapi semua yang hadir turut serta secara aktif mensosialisakan kepada masyarakat secara luas sehingga mengetahui dan memahami dan outputnya adalah masyarakat turut berpartisipasi mewujudkan ramadan yang aman dan damai.

“Harapan kita tentunya Ramadan tahun ini dapat berjalan dengan aman, masyarakat bisa menjalankan ibadan puasa dengan khusyuk. Oleh sebab itu, bantuan, dukungan dan peran serta masyarakat sangat diperlukan.” Pungkasnya.